Senin, 13 Juni 2011

Leadership (Part 1)

 

Leadership atau kepemimpinan apabila dijelaskan secara singkat berarti pengaruh kita terhadap orang lain untuk mengikuti apa yang kita inginkan.

Mengapa kita perlu mempelajari leadership?
1. jika Anda seorang pria, anda ditakdirkan untuk menjadi pemimpin, setidak-tidaknya di dalam keluarga anda nantinya.
2. leadership adalah skill yang dipelajari, bukan bawaan lahir.
3. memimpin tidak sekedar memberi perintah dan hanya SEDIKIT orang yang menyadari hal ini, siapapun dapat memberi perintah tetapi tidak semua orang dapat memimpin.

Beberapa faktor penting dalam leadership
1. Tujuan
Bayangkan anda adalah seorang nahkoda bersama 10 awak di dalam sebuah kapal ditengah lautan, jika anda tidak punya tujuan kapal anda tidak akan pernah tiba dimanapun.
Dalam memimpin anda harus mempunyai tujuan yang jelas, tidak ada seorangpun yang akan mengikuti anda jika anda hanya berjalan apa adanya tanpa arah. Tujuan ini harus diketahui oleh tim anda agar semuanya berjalan ke arah yang sama.

2. Pengenalan pribadi
Setiap orang adalah unik, karena itu wajib hukumnya bagi seorang pemimpin untuk mengenal masing2 pribadi anggota timnya. Personal touch inilah yang membuat seseorang mengikuti anda bukan karena keterpaksaan tetapi karena memang ia ingin mengikuti anda

3. Balanced Reward and Punishment 

Reward and punishment disini tidak berarti memberi hukuman ketika salah dan memberi hadiah ketika layak. Reward yang diberikan bisa berupa sekedar pujian, atau punishment yang berupa teguran. Yang terpenting reward and punishment ini harus seimbang, tidak boleh berat sebelah.
 
Penting untuk diingat! 
Berikan reward di hadapan orang lain
Semua orang pada dasarnya ingin dipuji dan diakui karena itu ketika anda menunjukkan apresiasi anda, lakukan berikan pujian dan pengakuan terhadap dirinya di depan orang lain. Inilah salah satu alasan mengapa penyerahan medali, piala atau piagam penghargaan selalu di ekspose di depan orang banyak.
Lakukan punishment ketika tidak ada siapapun

Tidak ada seorang pun yang ingin dipermalukan, tegurlah ketika anda hanya sedang berdua, jangan biarkan orang lain mengetahuinya.
Anda tidak perlu bernada keras dan berteriak dalam memberikan teguran, cukup anda panggil ke suatu tempat dan jelaskan kesalahannya dan perbaikan apa yang anda harapkan lalu katakan  "Saya percaya anda bisa lebih baik dari ini, tolong dijaga kepercayaan saya"
 
4. Memimpin dengan hati
yang dimaksud memimpin dengan hati adalah anda berempati terhadap pengikut anda, coba tempatkan diri anda diposisi mereka dan bayangkan apa yg anda harapkan dari pemimpin anda. Lakukan apa yang ingin orang lain lakukan terhadap anda
 
5.Percaya 
kepercayaan adalah salah satu faktor penting dalam tim, jika anda tidak percaya terhadap tim anda, seluruh point diatas tidak ada gunanya. Seorang pemimpin wajib untuk percaya terhadap anggota timnya dan terlebih lagi seorang pemimpin wajib untuk dapat dipercaya.

Sudah siapkah anda menjadi seorang pemimpin? 


-4rchangel-

0 komentar:

Posting Komentar